Air Terjun Sidoharjo Hanya Mengalir Saat Musim Penghujan

[Air Terjun Sidoharjo] Hanya Mengalir Saat Musim Penghujan[Air Terjun Sidoharjo] Hanya Mengalir Saat Musim Penghujan

Kabupaten Kulonprogo di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta punya satu air terjun musiman yang hanya mengalir airnya di musim penghujan. Tebing tempat air terjun itu mengalir tingginya mencapai 75 meter. Lokasinya di Dukuh Gonolangu, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika ingin melihat keindahan air terjun, jangan datang saat musim kemarau. Datanglah saat bulan September hingga Januari, saat hujan lagi deras-derasnya.

Air terjun Sidoharjo tampak anggun karena terletak di tempat yang sangat tinggi. Kemiringan lereng bukit yang mencapai hampir 90 derajat juga menambah keindahan air terjun. Hampir tanpa penghalang, air langsung jatuh mengalir ke bawah sehingga alirannya deras sekali.

Pengunjung yang datang bisa menyaksikan air terjun dari atas tebing. Untuk mencapainya, mereka harus berjalan menuju ke atas tebing dengan kondisi jalanan amat terjal. Anjing liar dan kera ekor panjang tinggal di sepanjang jalan tersebut sehingga pengunjung harus ekstra hati-hati.

Warga memanfaatkan air terjun sebagai sumber pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari mulai dari minum, MCK, hingga irigasi. Untuk irigasi, warga menggunakan air terjun yang mengalir dari air tanah sehingga bersih.

Wisata ke curug Sidoharjosangat cocok untuk penjelajah yang ingin melihat keindahan alam Kulonprogo yang kurang mendapatkan perhatian. Sangat terasa bahwa tempat wisata ini tidak banyak dikunjungiorang sebab fasilitas publik sangat minim. Meskipun sudah dilengkapi tempat parkir, belum ada MCK memadai serta warung makan di sekitar tempat wisata. Alhasil, pengunjung harus membawa bekal dari rumah. klik untuk info lebih lanjut rentalĀ  mobil di Jogja.

Rute ke Air Terjun Sidoharjo:

Dari pusat Kota Jogja, susuri rute Jalan Godean ke arah Barat sampai melewati jembatan Kali Progo. Lanjutkan perjalanan hingga ke perempatan Nanggulan. Ambil arah utara dan teruskan perjalanan hingga perempatan lampu merah Dekso. Lima kilometer kemudian, wisatawan akan menemukan Pasar Dekso.

Dari Pasar Dekso, ambil arah barat dan ikuti jalan. Setelah menemukan tanda MTS 4 Samigaluh di sebelah kanan jalan, susuri jalan kecil di sebelah papan nama. Ikuti jalan sampai ke sekolah tersebut. Belok kiri dan mulailah bertanya kepada penduduk dimana letak Air Terjun Sidoharjo.